Pencapaian Pengembangan Bayi – Tahun Pertama

[ad_1]

Tonggak perkembangan adalah keterampilan spesifik usia yang dapat diidentifikasi dengan mudah yang dapat dilakukan seorang bayi, seperti berguling, duduk, berjalan, dll. Tonggak pengembangan hanyalah pedoman. Bayi kemungkinan besar mengikuti perkembangan yang sama melalui pencapaian ini. Tidak ada dua bayi yang persis sama dan setiap bayi tumbuh dengan kecepatannya sendiri. Jadi, ibu tidak boleh membandingkan pertumbuhan anak mereka dengan anak lain. Beberapa tonggak pengembangan spesifik usia adalah sebagai berikut:

1. Satu hingga Tiga Bulan:

Bayi mulai membujuk dan membuat vokal seperti suara antara enam minggu dan tiga bulan. Mata bayi masih berkeliaran dan kadang-kadang bisa menyeberang. Mereka membuat gerakan tangan yang bergetar dan bergetar dan mencoba untuk membawa tangan di dekat wajah. Bayi yang baru lahir biasanya tetap di tangan tertutup negara. Mereka dapat fokus pada objek 8 hingga 12 inci. Mereka dapat mengenali beberapa suara, termasuk suara orang tua mereka.

2. Tiga hingga Enam Bulan:

Bayi berusia enam bulan, dapat Tersenyum atas suara suara dan cinta orang tua mereka untuk menonton wajah dengan cermat. Mereka mencoba mengangkat kepala dan dada saat berbaring tengkurap. Pada akhir enam bulan, bayi mulai mengoceh dan meniru beberapa suara. Beberapa bayi dapat berguling selama tiga bulan, tetapi kebanyakan dapat melakukan ini ketika berusia lima atau enam bulan. Beberapa belum menguasainya tujuh atau delapan bulan. Semuanya benar-benar normal. Tonggak sejarah ini hanyalah salah satu cara untuk melihat perkembangan pertumbuhan anak.

3. Enam hingga Sembilan Bulan:

Sebagian besar bayi mulai merangkak antara usia 7 dan 9 bulan, tetapi beberapa bayi melewatkan merangkak sama sekali dan belajar berdiri dan berjalan lebih dulu. Sebagian besar bayi dapat duduk tanpa dukungan bantalan di suatu tempat antara lima dan tujuh bulan. Pada usia sembilan bulan. Bayi-bayi oleh rantai konsonan usia ini seperti pa-pa-pa-pa atau ba-ba-ba-ba. Gigi pertama tumbuh antara usia empat dan delapan bulan.

4. Sembilan hingga Dua Belas Bulan:

Saat ini bayi dapat duduk dengan benar tanpa bantuan apa pun. Beberapa bayi pada akhir 11 atau 12 bulan berjalan dengan memegang benda-benda seperti furnitur, dan mungkin beberapa langkah tanpa dukungan. Mereka mencoba meniru kata-kata dan suka menarik diri untuk berdiri. Mereka mulai menggunakan gerakan sederhana, seperti menggelengkan kepala yang menunjukkan "tidak" atau melambaikan tangan mereka untuk mengucapkan selamat tinggal. Usia rata-rata untuk mulai berjalan adalah 12-13 bulan, tetapi ada banyak anak yang tidak mengambil langkah pertama hingga 16-18 bulan.

Penyedia perawatan kesehatan bayi akan mengevaluasi perkembangan bayi pada setiap kunjungan. Hubungi profesional perawatan kesehatan dengan segala kekhawatiran tentang perkembangan bayi yang tertunda. Milestone bayi ini membantu kita memahami pertumbuhan bayi; orang seharusnya tidak sepenuhnya bergantung pada ini.

[ad_2]

Leave a Reply

Required fields are marked*