ITU TAHUN YANG SANGAT BAIK – 12 Bulan Ketika Musik Rock Mencapai Puncaknya

Puncak karir untuk Led Zeppelin, Marvin Gaye, The Who, Joni Mitchell dan Rod Stewart – pada tahun 1971 musik populer mencapai tanda air yang tinggi.

Pada penerbangan baru-baru ini ke Alicante dari Inggris saya membaca sebuah artikel majalah yang membuat kasus untuk tahun 1966 menjadi tanda air yang tinggi untuk musik populer. Bukti-bukti itu tampak kedap air – Revolver, Suara Pet, Pirang di Pirang, Dimensi Kelima, masing-masing satu album penting dan dirilis pada tahun yang sama sebagai persembahan luar biasa dari The Kinks, The Who, the Rolling Stones (dan itu hanya di London), dengan musik terobosan juga dibuat di San Francisco dan Los Angeles.

Selama perjalanan pesawat saya mulai membuat daftar mental dari apa yang saya anggap album-album terbesar yang pernah dibuat: What's Goin 'On, Born To Run, Blue, Plastic Ono Band, Blood On The Tracks, Who's Next, Rubber Soul, London Calling, Tapestry , dan dalam melakukan itu menyadari berapa banyak yang dibuat pada tahun 1971. Jadi tanpa lebih jauh di sini adalah kasus untuk tahun itu menjadi 'annus mirabilis' musik rock.

Sepintas, tahun 1971 adalah tahun yang aneh bagi rock. The Beatles telah berpisah, tidak ada materi baru dari Bob Dylan dan perubahan personel yang konstan telah menghancurkan The Beach Boys dan The Byrds tentunya. Tapi dengan What's Goin 'On, Marvin Gaye memberi Motown waktu terbaiknya. Lebih banyak komentar sosial daripada jiwa yang manis, lagu-lagu yang berfokus pada perampasan kota, persaudaraan, dan kekacauan yang dibuat dari lingkungan – Marvin yang luar biasa membuktikan Anda dapat memiliki pesan dan membuat musik dansa yang hebat pada saat yang sama. Permadani (Carole King) dan Blue (Joni Mitchell) adalah album kedewasaan yang luar biasa dan wawasan tentang emosi manusia, sementara Every Picture Tells A Story adalah Rod Stewart yang paling memesona, lucu, dan menyentuh. Judul lagu adalah campuran indah kefasihan dan ramshackle rock dengan sisi kedua pembunuh (Maggie May, Mandolin Wind, (Aku Tahu) Aku Kehilangan Anda dan Alasan Untuk Percaya) pertandingan untuk setiap sisi dari album yang pernah direkam.

1971 juga membawa Sticky Fingers, sebuah album kesombongan dan sikap seperti itu hanya bisa direkam oleh Rolling Stones, band rock terbaik yang tercatat di planet ini ditimbang dengan karya sonik yang Led Zeppelin IV, sementara di Muswell Hilbillies, King Kink Ray Davies menyajikan sketsa London yang 40 tahun sebelum Graham Greene akan bangga.

Tapi kata terakhir di tahun yang sangat penting ini masuk ke majalah Rolling Stone, Record Guide yang menyatakan Who's Next oleh The Who 'mungkin menjadi rekor rock terbaik yang pernah dibuat.' Jika Anda setuju dengan pernyataan itu (seperti saya) ada sedikit yang bisa ditambahkan. Seperti Del Trotter pernah berkata: "Saya tidak peduli apa yang mereka katakan, Anda tidak bisa memukul The Who."

Pada saat kami mendarat di Alicante, pikiran saya terbentuk, 1971 adalah tahun emas. Tapi menunggu untuk menunjukkan paspor saya, saya pikir tahun 1969 – dan Abbey Road, Tommy, Crosby Stills & Nash, Let It Bleed, Bridge Over Water Bermasalah, Band, Dusty in Memphis, Led Zeppelin II …

Leave a Reply

Required fields are marked*