Pagi itu, jum’at 27 April 2012 tak seperti jum’at yang biasanya.. jam segitu biasanya saya sudah siap-siap untuk berangkat kerja.. pagi itu, saya beberes karena dapet ajakan ikut Familiarization Trip & Photography Contest dari Pemerintah Kabupaten Lingga..

Sebelumnya saya harus ke Tanjung Pinang dahulu.. karena tidak ada kapal ferry yang langsung ke Lingga dari Batam.. Tanjung Pinang merupakan titik temu peserta dari segala penjuru.. ada yang dari Batam, Tanjung Pinang, Jakarta, Kalimantan, Pekanbaru, Jawa Timur, Yogyakarta, pokoknya semua daerah se Indonesia.. kurang lebih 180 an peserta.. yang tidak hanya dari Indonesia.. tapi juga dari luar negeri.. seperti Singapore, Malaysia dan Vietnam..

lingga
Sambutan Pulau Benan | Foto oleh Halim Inside dengan BlackBerry 9780

Destinasi pertama dari Lingga Trip ini.. adalah Pulau Benan.. sambutan hangat dari warga Pulau yang merupakan gerbang nya Lingga ini.. untuk mencapai pulau ini memakan waktu 1 jam menggunakan ferry dari Tanjung Pinang..

Kesan pertama saya setelah terdampar di pulau ini.. wiihhh… laut dan pantainya bersih.. air lautnya biru jernih.. sampai kelihatan semua yang ada dibawahnya.. awesome lah pokoke..

Pantai Pulau Benan | Foto oleh Halim Inside dengan BlackBerry 9780

Pantainya berpasir putih.. garis pantai yang panjang.. banyak pohon kelapa.. terdapat pondok-pondok untuk tempat menginap.. sayangnya kami cuma beberapa jam disini.. huaaaaa…

Destinasi selanjutnya, Pulau Penaah.. rada jauh.. makan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan ferry, dari Pulau Benan..

penaah lingga
Pulau Penaah | Foto oleh Halim Inside dengan BlackBerry 9780

Tetapi 2 jam di ferry itu terbayar semua setelah sampai di Pulau Penaah, yang tidak kalah bagus dari Pulau Benan..

Bentangan pasir laut yang luas.. dengan pemandangan pegunungan Lingga.. ditambah penduduknya yang sangat ramah.. wowww.. superb lah.. otak-otak ikan tenggiri disini enak banget.. (otak-otak, merupakan makanan khas Riau Kepulauan)

solar cell penaah lingga
Solar Cell | Foto oleh Halim Inside dengan BlackBerry 9780

Pembangkit listrik di pulau ini menggunakan tenaga matahari lho.. keren ya.. sangat mandiri..

pantai penaah lingga
Sisi Lain Pulau Penaah | Foto oleh Halim Inside dengan BlackBerry 9780

Sisi lain Pulau Penaah.. sekeliling hijau oleh pepohonan.. karang-karang dilaut yang kelihatan langsung dengan mata telanjang..

Destinasi selanjutnya.. Desa Pancur.. cuma untuk transit menuju ke Desa Resun.. untuk Mangrove Tour menggunakan Boat Pancung..

Sunset | Foto oleh Halim Inside dengan BlackBerry 9780

Jajaran pulau yang kami lewati.. membuat saya kagum.. disambut dengan Sunset yang tepat terbenam disebelah kanan kami..

Mangrove Tour | Foto oleh Halim Inside dengan BlackBerry 9780

Pemandangan yang membuat saya speechless.. harap maklum lah ye.. di Batam tidak ada pemandangan seperti ini..

Sesampainya di Desa Resun.. dilanjutkan perjalanan menggunakan BUS menuju penginapan..

Shocking Bus from Halim Inside on Vimeo.

Dari semua perjalanan ini.. ini yang paling tidak bisa saya lupakan.. jalanan naik turun.. berlubang.. rusak parah.. dengan bus sekolah yang tak ada AC (air conditioner).. shock nya sudah gak berfungsi.. supirnya pembalap pulak.. haha.. lengkap pokoknya…

Selesai sudah cerita hari pertama.. tunggu tulisan saya hari kedua di Kepulauan Lingga ini ya.. :D :D